Pengelolaan administrasi pembelian dengan prosedur permintaan pembelian, permintaan paenawaran harga, order pembelian, peneriamaan barang, dan prosedur pencatatan. Unit organisasi yang terkait dengan aktivitas pengelolaan pembelian adalah sebagai berikut :
- Bagian Gudang
- Bagian pembelian
- Bagian Peneriamaan
- Bagian hutang
- Bagian Kartu Sediaan
- BAGIAN GUDANG
- Membuat Surat Permintaan Pembelian (SPP) sebanyak 2 lembar, diserahkan pada bagian pembelian dan arsip pada bagian hutang .
- Menerima Sutat Order Pembelian (SOP) sebagai informasi bahwa permintaan pembelian sudah dilaksanakan, kemudian diarsipkan menurut urutan nomor SOP .
- Menerima laporan penerimaan barang dari bagian penerimaan barang .
- Mencatat data laporan penerimaan barang dalam kartu gudang .
- Mengarsip laporan penerimaan barang menurut urutan nomor .
- BAGIAN PEMBELIAN
Bagian pembelian berfungsi mengamati perkembangan harga barang, membuat surat permintaan penawaran harga, memilih pemasok barang, membuat surat order pembelian, dan mengawasi penerimaan barang dalam hubungan dengan order pembelian yang telah dikirimkan kepada pemasok.
Oleh karena itu kegiatan Bagian Pembelian adalah sebagai berikut .
- Menerima surat permintaan pembelian dari bagian Gudang atau dari bagian lain .
- Menbuat Surat Permintaan Penawaran Harga (SPPH) rangkap 2, dalam hal barang yang diminta belum ada pada daftar langganan (pemasok) .
0 komentar:
Posting Komentar